Program Studi magister Manajemen Pendidikan Islam di FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mulai dibuka sejak tahun 2018 berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5463/2017 tertanggal 05 Oktober 2017. Cikal bakal berdirinya program studi Manajemen Pendidikan Islam adalah bermula dari konsentrasi Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam yang merupakan bagian dari program studi Pendidikan Islam (PI) yang sudah terakreditasi A. Konsentrasi MKPI untuk pertama kalinya dibuka pada tahun 2001/2002 berdasarkan Surat Keputusan Rektor No 86 Tahun 2001 tertanggal 27 Juni 2001. MKPI yang merupakan bagian dari program Studi Pendidikan Islam (PI) tersebut berlangsung sampai tahun 2017 dan pada tahun 2018 lahirlah program studi MPI.
Program Studi magister MPI ini memiliki visi, misi, tujuan, dan sasaran keilmuan yang diharapkan tidak hanya mampu menghasilkan lulusan yang memiliki standar akademik yang ditentukan, tetapi juga mampu memenuhi kualifikasi pasar kerja yang kelak akan memanfaatkan output dari program studi ini. Untuk menjawab kebutuhan pasar, yang sekaligus berkecakapan akademik yang ditentukan, maka visi keilmuan yang diemban oleh Program studi magister MPI lebih berorientasi ke masa depan dengan bertumpu pada upaya penguatan iman dan taqwa kepada Allah SWT, serta penguasaan ilmu Manajemen Pendidikan Islam. Tujuan yang ingin diwujudkan adalah: melahirkan lulusan magister di bidang Manajemen Pendidikan Islam yang memiliki kemampuan penguasaan keilmuan dan metodologi yang handal secara integratif-interkonektif dalam kerangka transformasi sosial yang humanis-transendental; Menghasilkan lulusan Magister di bidang Manajemen Pendidikan Islam yang memiliki kepedulian tinggi dalam berpartisipasi sebagai agen perubahan dan problem solver dalam kehidupan bermasyarakat di tempat tugas masingmasing. Melalui tujuan ini, diharapkan output yang dihasilkan adalah Magister Pendidikan (M.Pd) yang tidak hanya mempunyai kemampuan akademik yang tinggi di bidang ilmu-ilmu ke-Islaman dan keguruan, tetapi juga memiliki akseptabilitas dan sensitivitas terhadap persoalan-persoalan pendidikan, utamanya dalam konteks Manajemen Pendidikan Islam. Pada dasarnya rekruitmen mahasiswa program studi magister MPI mengikuti sistem penerimaan mahasiswa baru yang telah ditetapkan oleh pihak UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melalui seleksi tes masuk yang ketat.
Mahasiswa program studi magister MPI berasal dari berbagai daerah di tanah air, dengan latar belakang yang berbeda-beda dari sisi pekerjaan atau profesi, meski kebanyakan berasal dari latar belakang pendidikan strata satu kependidikan/ketarbiyahan. Sejak dibuka pada tahun 2002 sampai dengan tahun 2017, jumlah mahasiswa S2 MKPI adalah 254 selama lima tahun terakhir.
Selanjutnya dimulai program studi magister MPI sejak awal tahun 2018 atau lebih tepatnya pada semester genap tahun akademi 2017/2018 dengan mahasiswa sebanyak 23 orang di semester genap dan berikutnya mahasiswa di semester gasal sebanyak 40 orang. Pada tahun 2019 mahasiswa di Program Studi S2 MPI bertambah 21 orang di semester genap dan 22 orang di semester gasal. Setiap mahasiswa diberi kesempatan untuk ikut terlibat dalam pengambilan keputusan yang menyangkut kepentingan mereka. Kegiatankegiatan yang banyak diikuti oleh mahasiswa adalah kegiatan seminar, diskusi, studium general, field study, pelatihan penulisan karya ilmiah, pelatihan bahasa, dan lain-lain. Peningkatan jumlah peminat diupayakan melalui dua arah, yaitu: Pertama ke dalam, dilakukan melalui peningkatan kualitas program studi dengan cara meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), baik tenaga edukatif atau dosen maupun non edukatif, peningkatan kualitas proses pembelajaran, pelayanan, dan lulusan. Kedua ke luar, dilakukan dengan cara mengadakan publikasi kegiatan-kegiatan kepada publik melalui media massa, sosialiasasi Program Studi ke instansi terkait (Kemenag Kabupaten dan Kampus PTKI), dan menjalin kerja sama dengan pihak user (pengguna). Upaya ini ternyata cukup berhasil, meskipun sifatnya masih fluktuatif. Dalam melaksanakan dan mengikuti kegiatan akademik di program studi magister MPI, mahasiswa memiliki hak mendapatkan bimbingan dan pelayanan akademik yang berupa: (1) hak untuk mengikuti perkuliahan; (2) hak memperoleh bimbingan pelayanan akademik yang menyangkut bidang konsultasi proposal tesis dan tesis.
Jumlah dosen tetap program studi magister MPI sebanyak 12 orang. Dosen tetap Fakultas yang ditugaskan mengajar di program studi magister S2 MPI sebanyak 12 orang. Rasio antara dosen dan mahasiswa adalah 1 : 9. Hal ini menunjukkan bahwa rasio dosen dengan mahasiswa program studi magister MPI berada pada tingkat ideal. Jumlah tenaga pendukung yang menangani administrasi dan sarana prasarana sebanyak 3 orang, ditambah dengan staf Administrasi di bawah pengelolaan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Dosen-dosen tetap program studi magister MPI sudah bergelar Doktor (100%), dan di antaranya adalah guru besar/professor sebanyak 3 orang (25%). Secara kuantitatif tenaga pengajar program studi S2 MPI mempunyai rata-rata beban mengajar 14,25 SKS. Sedangkan tenaga administrasi, masing-masing telah memiliki beban tugas sesuai dengan wewenang yang telah ditentukan dalam deskripsi tugas dan pekerjaan. Untuk meningkatkan kualitas dosen program studi magister MPI, maka diberikan kesempatan untuk mengikuti seminar/pelatihan, dan untuk meningkatkan tenaga administrasi program studi, dilakukan pelatihan-pelatihan atau diberi kesempatan studi lanjut. Pada saat ini kurikulum yang digunakan disesuaikan dengan visi, misi, sasaran dan tujuan program studi magister MPI.
Kurikulum disusun sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Dimulai dengan perumusan profil lulusan, kompetensi lulusan, pemetaan bidang kajian, penentuan mata kuliah dan distribusinya untuk setiap semester. Mata kuliah diklasifikasikan berdasarkan mata kuliah institusi dan unsur kompetensi. Mata kuliah institusi meliputi: (a) mata kuliah inti umum; (b) mata kuliah inti khusus; (c) mata kuliah institusional umum; dan (d) mata kuliah institusional khusus. Sedangkan mata kuliah yang termasuk unsur kompetensi meliputi: (a) mata kuliah kompetensi utama; (b) mata kuliah kompetensi pendukung; dan (c) mata kuliah kompetensi lainnya.
Untuk melihat kesesuaian rancangan, isi, dan implementasi kurikulum dengan tuntutan dan kebutuhan stakeholders, yaitu mahasiswa, orang tua wali, pengguna lulusan, dan alumni, maka dilakukan evaluasi dengan bebarapa cara. Evaluasi untuk mendapatkan umpan balik dari mahasiswa dilakukan melalui dua cara, yaitu terstruktur dan tidak terstruktur. Secara terstruktur, dilakukan dengan cara melakukan dialog antara mahasiswa dengan Program Studi yang dilakukan setiap tahun sekali. Sedang yang tidak terstruktur dilakukan dengan cara dialog informal antara mahasiswa dengan dosen pengelola program studi magister, yang kemudian hasilnya disampaikan ke Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan melalui rapat pimpinan (data/bukti: Sospem). Umpan balik digunakan sebagai bahan untuk komunikasi antara Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dengan publik pengguna lulusan dan lulusan sebagai respon atas perkembangan Program Studi .
Pengguna/calon pengguna lulusan dapat melakukan evaluasi pada saat sosialisasi FITK dengan cara tour ke beberapa instansi pengguna, tracer study, mengirim angket dan atau mengundang praktisi dan pengamat di bidang pendidikan sebagai dosen tamu. Sedangkan umpan balik dari lulusan yang sudah bekerja dilakukan dengan cara memberikan angket dan masukan tertulis tentang tuntutan dan kebutuhan yang perlu direspon oleh program studi. Selain itu, juga dilakukan diskusi dan seminar tentang kurikulum, baik secara internal maupun eksternal. Untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan stakeholders, program studi berusaha menyesuaikan rancangan, isi dan implementasi kurikulum secara bertahap, seperti memodifikasi isi atau materi mata kuliah, menambah sks untuk pengayaan, dan mendiversifikasi kajian. Hampir semua aktivitas pendidikan yang dilaksanakan program studi magister MPI menggunakan infrastruktur di kampus Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Sambilegi dan juga FITK Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Jl. Marsda Adi Sucipto Yogyakarta. Infrastruktur yang tersedia untuk penyelenggaraan pendidikan terdiri dari ruang kantor, ruang kuliah, perpustakaan, ruang internet, ruang transit dosen, dan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Gedung perkantoran terdiri dari ruang pimpinan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, ruang pengelola program studi, ruang pelayanan administrasi dan ruang pengajaran.
Secara kuantitas maupun kualitas ruang perkantoran yang dimiliki sangat memadai. Sumber-sumber dana di level program studi disatukan dengan pengelolaan keuangan di level Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang kemudian dibagi menurut kebutuhan program studi. Sumber dana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan itu sendiri berasal dari Anggaran rutin dan pembangunan (DIPA) dan anggaran masyarakat (SPP) yang dikelola dengan sistem Badan Layanan Umum (BLU).
Pengelolaan keuangan bagi penyelenggaraan pendidikan pada program studi magister MPI diatur berdasarkan petunjuk operasional (PO) sistem keuangan yang diterapkan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan melalui pengesahan pihak rektorat Budaya kerja pada program studi magister MPI didasarkan pada profesionalitas dan kekeluargaan (colegial partnership). Setiap elemen melaksanakan tugas secara profesional sesuai kewajiban dan wewenang masing-masing tanpa mengabaikan sifat kekeluargaan. Dalam melaksanakan tugas, Ketua Program Studi dibantu oleh Sekretaris, Kabag TU, 3 Kasubag, Staf Pengajar, dan Staf program studi. Seluruh komponen bekerja sesuai dengan kewenangan dan tugas masing-masing. Strategi dan metode mengajar (perkuliahan) yang berlangsung dalam PBM pada program studi magister MPI disesuaikan dengan learning outcome (LO), tujuan masing-masing mata kuliah dan materi pokok. Strategi mengajar yang digunakan berbentuk tatap muka (perkuliahan) dan non tatap muka. Strategi dan metode penilaian dilakukan dengan dua model tes dan non tes. Evaluasi berbentuk tes, diselenggarakan melalui ujian akhir semester terjadwal dengan berbentuk soal-jawab atau menyusun makalah/book review. Sedangkan evaluasi non tes dilakukan untuk memberikan penilaian pada mahasiswa yang menekankan pada proses pembelajaran yang meliputi aspek kehadiran di kelas, tugas-tugas, kematangan akademik, sikap dan tampilan (cara berpakaian, tata krama dan sebagainya). Pada akhir kuliah, mahasiswa diberi kesempatan untuk menilai kinerja dosen dari berbagai aspek melalui SIA (Sistem Informasi Akademik) UIN Sunan Kalkijaga Yogyakarta yang dapat diakses oleh setiap mahasiswa.
Suasana akademik di program studi magister MPI dapat dikemukakan sebagai berikut. Di program studi magister MPI telah dikembangkan suasana akademik yang sehat yang mendukung iklim akademik dengan ditunjang interaksi antarsivitas akademika yang berlangsung baik. Menyangkut sistem informasi, program studi magister MPI mengalami perkembangan yang menggembirakan. Sistem informasi tidak hanya terbatas pada dokumentasi dan pelayanan nilai akademik bagi mahasiswa dan dosen secara computerizing tetapi juga dapat diakses secara online melalui aplikasi yang disebut Sistem Informasi Akademik (SIA) oleh mahasiswa di manapun mereka berada. Dengan sistem ini dosen, mahasiswa dan karyawan, dapat mengakses segala informasi mengenai keseluruhan sistem akademik, termasuk electronic library. Semua sivitas akademika bisa mengakses internet melalui jaringan hotspot wifi yang tersebar di semua bagian kampus. Peningkatan dan pengendalian mutu program studi magister MPI telah diupayakan melalui kajian kurikulum, baik menyangkut mata kuliah, materi perkuliahan maupun Rencana Perkuliahan Semester (RPS) secara terjadwal. Untuk mengembangkan kurikulum sebagai respon terhadap kebutuhan pasar dilakukan dengan mendatangkan pakar dan praktisi pendidikan dari instansi lain sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan. Sebagai bentuk respon terhadap pengembangan kurikulum, sejak tahun 2018 program studi magister MPI telah menerapkan kurikulum integrasi-interkoneksi dalam sistem perkuliahan. Sehubungan dengan hal tersebut telah dilakukan lokakarya penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah program studi dan perkuliahan model team teaching.
Lulusan program studi magister PI yang memiliki konsentrasi MKPI yang merupakan bagian dari program studi Pendidikan Islam (PI) yang semula ada di PPs UIN Sunan Kalijaga sudah tersebar di seluruh wilayah RI, bahkan sebagian besar telah berperan dalam masyarakat dan menduduki jabatan penting di instansi masing-masing. Dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat, dosen-dosen program studi magister MPI telah banyak yang melakukan penelitian, baik individual maupun kelompok yang dilakukan berdasarkan biaya mandiri maupun biaya dari instansi (lembaga). Di samping dosen, mahasiswa juga melaksanakan penelitian, terutama penelitian tesis dan penelitian kolaboratif dosen yang melibatkan mahasiswa. Penelitian untuk bahan tesis dilakukan oleh mahasiswa sebagai persyaratan tugas akhir. Secara kualitatif, penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa masih perlu ditingkatkan. Sedangkan secara kuantitatif telah dihasilkan cukup banyak tesis sesuai dengan jumlah lulusan program studi magister PI dengan konsentrasi MKPI yang tentunya segera disusul dengan alumni program studi magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Dalam bidang kegiatan pengabdian masyarakat, pelaksanaannya secara formal dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) di tingkat UIN Sunan Kalijaga. Namun demikian, banyak dosen program studi magister MPI yang secara mandiri melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Semua kegiatan tersebut sangat diapresiasi oleh program studi magister MPI dalam bentuk dukungan administratif.